Wednesday 3 April 2013

Indahnya menjadi wanita hamil.......

Subhanallah Maha Besar Allah Subhana Wa Ta'ala, Sang Maha Pencipta.....Maha Sempurna......

#1 STRIP 2 YANG MENDEBARKAN
Saat aku membayangkan kehamilan, saat aku mengetahui bahwa aku telat menstruasi sebulan lamanya, saat-saat dimana aku bertanya-tanya dalam hati apakah aku sudah hamil/ belum. Hingga suatu sore hari sebelum aku dan suamiku melakukan perjalanan ke Bali, 17 Desember 2012 lalu, aku menyempatkan diri untuk mampir ke apotik sekedar membeli alat test kehamilan. Sesampainya di airport, aku buru-buru pergi ke kamar kecil, ku tampung air seniku di cawan kecil, lalu ku celupkan alat test kehamilan yang baru ku beli, berdebar-debar menanti hasilnya, samar-samar mulai muncul garis bewarna merah jambu, dan wow muncullah 2 strip yg di idam-idamkan. Is it true that I'm pregnant? Tanpa perlu kroscek dua hingga tiga kali, rasanya aku cukup yakin dan senang mengetahui bahwa aku telah hamil. Sambil menunggu keberangkatan, tak sabar rasanya ku beri kabar bahagia ini utk suamiku. Aku duduk di sampingnya seraya berkata : " Sayang aku hamil ". Antara percaya dan tidak aku bisa melihat bahwa suamiku sangat senang mendengar berita bahagia ini. Betul-betul momen yang indah....aku tahu bahwa aku hamil di saat aku bersama suamiku menikmati suasana liburan bersama teman-teman dekat kami. Kemudian hari, suamiku selalu memelukku sebelum tidur dan bertubi-tubi mencium perutku. Seluruh keluarga juga menyambut kehamilanku dengan bahagia. Ditambah kebahagian mendapatkan ucapan selamat dari teman-temanku. Oh senangnya...

#2 I HAVE A LOYAL FRIEND FOR 9 MONTHS
Yay, kini ada teman kecil yang selalu menemani hari-hariku selama 9 bulan ke depan. Dan aku nggak akan merasakan kesepian lagi selama 9 bulan. Oh so sweet :)
Teman kecil ini akan selalu setia menemaniku pagi siang sore malam hingga pagi lagi, mendengarkan keluh kesahku, mendengar kabar bahagiaku, mendengar cerita dari aku, papanya dan orang-orang disekitarku, mendengarkan aku yang sedang menyetel murottal untuknya, mendengarkan papanya nyanyi, oh baby..... you're so loyal to your mom.

#3 MENDENGAR SUARA DENYUT JANTUNG SI KECIL UNTUK PERTAMA KALI
Saat aku melakukan pemeriksaan kehamilan pertama bersama suami pada 14 Januari 2013 yang lalu, dokter berkata bahwa usia kehamilanku memasuki usia 10 minggu, aku dan suami sama sekali tak menyangka begitu cepatnya aku hamil setelah menikah 3 November 2013 lalu. Dokter memeriksa janinku, dan memeriksa denyut jantung janinku ini melalui alat canggih ultrasonografi dopler. Aku dan suamikupun terkesima ketika mendengar bunyi denyut jantung buah hati kami yang sedang berada diperutku, sungguh menyenangkan sekaligus membuat kami berdua terharu. Dan ketika melihat buah hati kami yang masih sangat mungil ini melalui hasil usg dan mendapati bahwa sang buah hati dalam keadaan sehat adalah momen menyenangkan lainnya buat kami berdua. Apalagi ketika dokter memberi salinan foto hasil usg buah hati kami, tak jenuh rasanya mata melihat buah hati kami lalu ku share foto usg babyku di social media agar teman-teman tau betapa bahagianya aku. Kan ku simpan dengan baik foto usg babyku ini dan menyimpannya di album foto pertama anak kami kelak, dengan memberi keterangan di setiap fotonya, seperti : " Dede usia 10 minggu ketika masih di perut mama", dan seterusnya........
Tak sabar rasanya membayangkan, ketika dia sudah besar nanti, akan ku perlihatkan album foto ini.

 #4 TENDANGAN-TENDANGAN YANG MENYENANGKAN
Ketika pertama kali ku rasakan adanya tendangan-tendangan kecil di dalam perutku, saat kehamilanku memasuki usia 14 minggu. Sungguh merupakan pengalaman yang indah yang sulit diungkapkan oleh kata-kata, babyku sudah mulai aktif bergerak dan memberikan tendangan-tendangan mungilnya walau terkadang aku merasa sedikit linu. Saat usia kehamilanku bertambah, buah hatiku semakin pesat pertumbuhannya, semakin aktif menendang-nendang perutku. Ku elus-elus perutku dengan lembut, sambil sesekali aku dan suamiku mengajaknya berbicara, agar dia merasakan kelembutan, rasa cinta dan kasih sayang dari orang tuanya. Rasa cinta dan kasih sayang dari orang tua yang dia rasakan ini kelak memberikan ketenangan.

#5 SUAMI SEMAKIN CINTA
Saat mau tidur, saat bangun tidur, saat berangkat kerja ada kebiasaan baru suami, saat dia pamit kerja, dia menciumku, mencium tanganku, sembari mencium perut buncitku sambil bilang : "Papa kerja dulu ya sayang, doain papa banyak rejekinya, yang sehat ya di perut mama, jagain mama". Sepulang kerja, sebelum tidur tak lupa kembali menyambut perut buncitku dan menciumnya lagi seraya kusodorkan perutku di dekat bibirnya meskipun dia kecapean sehabis seharian bekerja. Suamiku pun dengan sabar melayani permintaanku di saat sedang "ngidam" walau aku termasuk istri yang tidak pernah meminta yang aneh-aneh, tidak mual, tidak enek dan merepotkan suami. Hari minggu dia rela kubangunkan pagi-pagi untuk menemaniku therapy. Saat dia mendengar aku kecapean sehabis bersih-bersih rumah, dia berkata "Jangan terlalu kecapean ya sayang, istirahat dulu". Suamiku juga memperhatikan nutrisi kehamilanku, walau uangnya sedang pas-pasan, dia belain membeli multi vitamin, dan segala kebutuhun nutrisi untukku, dia pun begitu menjaga kesehatanku dengan melarang aku untuk memakan makanan yang berbahan pengawet. Itu hanya segelintir perhatiannya untukku dan masih ada hal indah lainnya yang kadang sebelumnya jarang dia lakukan untukku. Suamiku makin penuh perhatian dan makin sayang aku. Bukankah hamil sesuatu yang menyenangkan? :)

#6 LAYANAN VIP SAAT HAMIL
Saat aku hamil, mau tidur seharian, mau makan ini itu tinggal di masakin sama mbak dan ibu mertua. "Sayang beliin susu ya", beliin ini beliin itu suami juga berusaha memenuhi. Kemudian ketika suami dan teman-temannya sedang asik merokok, merekapun mengerti bahkan ada yang langsung mematikan rokoknya saat berdekatan denganku. Saat aku bawa barang yang berat-berat, orang-orang melihat aku cukup kerepotan, tak perlu diminta, orang-orang berbaik hati mengulurkan tangan untuk membantuku. Capek tinggal duduk, ngantuk tinggal tidur, laper tinggal makan. Ya itulah salah satu kenikmatan tersendiri, selalu ada red carpet buat bumil, hihi.

#7 BANYAK ORANG RAMAH KEPADAKU
Tak jarang ketika aku sedang berbelanja di supermarket, sedang jalan-jalan, sedang cek kehamilan, tiba-tiba ada perempuan/ laki-laki yang tak dikenal menyapaku "Udah berapa bulan kehamilannya?" atau cuma sekedar tersenyum kepadaku. Atau teman-teman yang sudah lama tidak bersuapun menjadi perhatian kepadaku. Yaa...kehamilan adalah awal di mulainya dari banyak pertemanan bagiku. Bahkan aku jadi sering bertanya kepada teman-temanku seputar info-info kehamilan.

#8 PENAMPILANKU BEDA SAAT HAMIL
Aku cukup mengalami kendala penampilan karena perubahan hormon saat hamil. Kulitku jadi kering, wajah berminyak, berjerawat, kaki membengkak, dll. Tapi di lain sisi, suamiku tetap memuji dan selalu bilang kalau istrinya ini cantik. Apalagi perut buncitku ini selalu di cium olehnya, berarti walau penampilanku beda, aku tetap cantik di matanya :)

#9 BELANJA KEPERLUAN SI KECIL
Semua perempuan pada umumnya hobi berbelanja. Namun aku betul-betul menemukan pengalaman baru yang menyenangkan ketika berbelanja untuk persiapan kehadiran si kecil. Bahkan sejak usia kehamilanku baru memasuki 12 minggu, rasanya sudah tidak sabar berbelanja perlengkapan babyku. Saat-saat menyenangkan berbelanja barang menyenangkan seperti ini : baju kodok yang mungil, topi mungil, sepatu mungil, bedong warna warni, baju-baju mungil yang lucu dan perlengkapan bayi lainnya. Sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan.

#10 AKU HAMIL, AKU SANGAT BAHAGIA
Alhamdulillah di saat aku hamil, aku merasa sangat bahagia. Bagaimana tidak merasa bahagia, ketika aku tahu ada calon bayi yang tertanam di rahimku, dan dia tumbuh di dalamnya, step by step dia berkembang hingga menjadi seorang bayi yang di idamkan olehku dan suamiku. Bukankah itu suatu karunia luar biasa dari Allah Subhana Wa Ta'ala :)
Aku dan suamiku terkadang merasa takjub akan kuasa Allah swt, seraya berkata : "kok bisa ya perutku ini ada bayinya?" hihi :p
Dan betapa indahnya hidup kami bahwa sebentar lagi kami akan menjadi sepasang orangtua baru, huhuy a new life for us.
Intinya, Allah Sang Maha Pencipta, mampu menciptakan seorang manusia utuh dengan semua bagian tubuhnya di dalam diriku hanya dalam waktu 40 minggu. Ajaib kan? Bayangkan rahimku yang begitu kecil bisa berisi calon bayi... so amazing!
Begitu banyak alasan yang mambuatku bahagia saat hamil. Semua orang menjadi lebih perhatian dari sebelumnya, karena ku hamil aku merasa menjadi wanita sempurna karena di dalam rahim ini tumbuh janin yang kelak akan memanggilku dengan sebutan "Mama" :). Bahagia karena akhirnya suamiku mempunyai keturunan alias "Ogie Jr", hihi. Bahagia karena aku menikmati proses kehamilanku, mulai dari cari tahu tentang nutrisi hamil, cara merawat bayi, cara menyusui, dll. Bahagia saat hunting perlengkapan dede bayi. Bahagia ngobrol-ngobrol sesama ibu hamil. Bahagia setiap liat usg dede bayi. Bahagia dede bayi nendang-nendang perut. Bahagia suami baik dan perhatian. Dan lebih bahagia lagi karena :
Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1000 kejahatan.
Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah SWT mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan-Nya.
Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya pada saat melahirkannya.
Apabila telah lahir (anak) lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan dari susunya diberi satu kebajikan.
Apabila semalaman (ibu) tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah SWT memberinya pahala seperti memerdekakan 70 orang hamba dengan ikhlas untuk membela agama-Nya.
2 rakaat shalat dari wanita yang hamil adalah lebih baik daripada 80 rakaat shalat wanita yang tidak hamil.
Wanita yang tidak cukup tidur pada malam hari karena menjaga anak yang sakit maka akan diampunkan oleh Allah seluruh dosanya. Dan bila dia menghibur hati anaknya, Allah akan memberi 12 tahun pahala ibadah.
Wanita yang hamil akan dapat pahala berpuasa pada siang hari.
Wanita yang hamil akan dapat pahala beribadah pada malam hari.
Wanita yang bersalin akan mendapat pahala 70 tahun shalat dan puasa dan setiap kesakitan pada satu uratnya maka Allah mengaruniakan satu pahala haji.
Sekiranya wanita mati dalam masa 40 hari selepas bersalin, maka dia akan dianggap sebagai mati syahid.
Jika wanita menyusui anaknya sampai cukup waktunya (2½ thn), maka malaikat-malaikat dilangit akan kabarkan berita bahwa surga wajib baginya.


Indahnya menjadi wanita hamil.......
Terima kasih Ya Allah, aku akan menjadi seorang ibu :)

1 comments:

Unknown said...

Aku hamil dari awal sampe sekarang cuma bisa nangis doank,suamiku mana ada perhatiannya kayak kamu. Yang ada dia sibuk mencela aku karena aku udah gak lagi kerja.
Bulan ini aku lahiran pun mana ada pedulinya, masalah makan pun dak ada dia perhatian, kamu beruntung banget ya . GBU :)

Post a Comment