Tuesday 16 July 2013

Perutnya gatel2 pas hamil, ouch..

Hola mommies...
Sekarang topik yang mau mama dede bahas adalah tentang perut gatal saat hamil.
Hmmm ada mommies yang ngalamin kah? Soalnya mama dede ngalamin hal ini. Kerasanya sih kalo ngga salah mulai masuk kehamilan bulan ke empat, dimana kalau mama dede ngga salah juga di bulan ini adalah bulan tumbuhnya rambut dan seluruh tubuhnya dede bayi mulai diselimuti oleh bulu-bulu halus. Banyak juga yang bilang kalo dedenya udah mulai tumbuh rambut, so perut mamanya suka gatel2...haha bener ngga sih mitos itu? :D
Rasanya gatel2 gimanaaa gitu, mau di garuk kenceng gak berani takut berbekas apalagi sampe iritasi terus luka, so cuman di usap2 aja perutnya. Anyway sekarang mama dede udah trimester akhir, makin sering deh berasa gatel2nya. Di tambah perutnya mama dede sekarang ada bintik2 merahnya...huhu padahal mama dede udh rajin loo kasih moisturizer & olive oil. Bahkan dulu waktu hamil 4 bulan, mama dede pernah sakit panas terus besoknya badan mama gatel2 sekujur tubuh sampe ngga nahan & ngga bisa bobo nyenyak. Sama Dr dikasih antibiotik sama nyobain caladine cair tapi ngga sembuh, ajaibnya ini gatel2 hilang dengan sendirinya setelah hampir seminggu menderita.
Okay setelah mama review ke google, gatal selama kehamilan dapat disebabkan tiga hal, yakni stretch mark pada kulit perut, kulit yang kering, dan gejala PUPP -> Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPP) yang terjadi akibat peningkatan hormon estrogen dan gonadotropin. Gatal yang diderita ibu hamil juga berbeda-beda tingkatannya. Ada yang muncul dengan gejala yang ringan hingga yang menimbulkan ruam pada tubuh. Bahkan ada yang menimbulkan bengkak dan bercak kemerahan. Kondisi seperti ini biasa dialami oleh wanita pada kehamilan pertama atau wanita yang mengandung anak kembar.
Gatal ini akan muncul sekitar perut atau stretch mark dan bisa menyebar ke paha dan lengan. Pada kasus yang biasa, biasanya ibu hamil akan diberikan salep tropis atau antihistamin. Sebenarnya kondisi ini normal dialami ibu hamil dan bisa hilang setelah melahirkan. Gatal biasanya akan muncul bila ibu hamil berada di tempat yang panas. Karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk  menggunakan pakaian longgar dan berbahan katun. 

Nah mama dede mau share nih tips yang mama dapet dari google, semoga bisa membantu para mommies untuk mengurangi gatel2 di perut selama hamil :)

1. Menggunakan lotion pelembab
Menjaga kelembaban kulit selama hamil dapat menghindarkan ibu dari rasa gatal. Lotion pelembab juga bisa membantu mengurangi bekas garukan. Oleskan lotion ke daerah yang rawan mengalami gatal, seperti pada perut dan sekitar dada.

2. Konsumsi lebih banyak sayur, buah, dan air putih
Sayur, buah, dan air putih secara alami mampu menjaga kelembaban kulit.Selain mencegah gatal, bahan-bahan tersebut juga baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

3. Pakai baju yang menyerap keringat
Saat hamil Ibu akan sering merasa panas dan berkeringat. Pada masa ini produksi keringat akan meningkat. Hal itulah yang dapat memicu munculnya gatal. Pakailah baju hamil yang berbahan katun untuk mengurangi gatal dan ibu lebih nyaman.

4. Mandi dengan air dingin
Mandi dengan air hangat atau panas dapat meningkatkan risiko gatal. Sebaiknya gunakan pula sabun yang ber-pH rendah seperti sabun bayi.

Gatal selama kehamilan tidak membahayakan janin dan akan hilang dalam waktu beberapa hari setelah melahirkan, tapi rasa gatalnya tentu sangat mengganggu.


Anyway mommies boleh tinggalin komen/ diskusi seputar masalah perut yang gatal saat hamil & cara mommies menanganinya. 
Soalnya cocok2an siy, ada mommies yang feel better setelah pakai olive oil, cream anti ruam, bedak salicyl, bedak yang mengandung menthol, minyak telon, minyak kayu putih, minyak tawon, minyak bulus, Betason N, Vaseline Cocoa Butter, dsb :D

Btw inilah perut mama dede yang gatel2 pas hamil 9 bulan, ada bintik2 merahnya. Kira2 cocoknya pake obat apa ya mommies, pliz tell me :)




0 comments:

Post a Comment