Wednesday 29 May 2013

My Pregnancy at Week 29 ( Mom To Be )

Hari ini mamanya dede udh hamil selama 29 minggu lebih 5 hari. Itu tandanya tinggal menanti -+ 74 hari lagi dari estimasi kelahiran dede bayi di bulan Agustus 2013 ini.

So happy Alhamdulillah, apalagi dede bayi termasuk baby yg aktif di dlm kandungan, sehat selalu ya sayang :)
Setiap hari kamis n minggu, itu jadwal saya mengikuti senam hamil Yopita ( gabungan dari Yoga, Pilates & Taichi ) di klinik bersalin Harapan Bunda Bandung. Tapi saya sih rutin datangnya setiap hari minggu doang, hehe. Biaya senam perharinya adalah Rp. 15.000,- saja, cukup terjangkau kan mommies? Oia untuk mengikuti senam hamil ini, usia kandungan mommies minimal sudah memasuki usia 7 bln, so kalo mommies ingin ikut senam hamil ini tapi usia kandungannya masih di bawah 7 bln, pasti sama bidannya di suruh pulang, hehe dengan alasan takut janin di dalam kandungannya mommies belum kuat :)
Saya juga baru 2 kali ikut senam hamil ini, tapi saya enjoy dan relax. Apalagi selain mengikuti senam, saya juga bisa tanya jawab dengan bidan seputar masalah kehamilan.

Nah sekarang mama dede mau cerita soal perkembangan dede bayi. Di bulan ketujuh adalah bulan saraf. So pada bulan ini, pusat saraf yang beragam mulai berkembang. Sambungan-sambungan/ hubungan-hubungan saraf akan tampak lebih rumit dari sebelumnya, dan seluruh pergerakkan janin akan lebih banyak keserasiannya. Beragamnya gerakkan akan bertambah dan janin dapat mengerakkan dirinya dengan lebih baik lagi. Ini saya dapat dari membaca buku yang berjudul Membina Generasi Qurani dengan penulis buku KH. Drs. Muchtar Adam & Hj. Anna Rosdiana, S.Ag hal 56 tentang perkembangan umum pada janin. Pantas aja semenjak mau menginjak usia kandungan 7 bulan, mamanya dede ini suka ngerasain denyutan-denyutan dede bayi yang berlangsung secara konstan -+ 3-5 menit. Awalnya mama dede sempat panik dan khawatir, wah ada apa ini. Tapi setelah konsultasi ke dokter kandungan dan ke bidan, mereka bilang itu tidak apa-apa dan merupakan perkembangan normal pada janin. Alhamdulillah jadi lega deh mamanya dede :)
Terus di usia kandungan 29 minggu ini, kelenjar adrenalinnya dede bayi mulai menghasilkan hormon seperti hormon androgen dan hormon estrogen. Hormon ini akan menstimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh mamanya untuk membuat kolostrum ( air susu yang pertama kali keluar saat menyusui ).

Selain saraf dede mulai berkembang, otot-otot dan paru-paru dede juga terus berkembang, dan kepalanya dede juga tumbuh lebih besar untuk membuat ruang dalam proses perkembangan otaknya. Dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang meningkat, mamanya dede ini membutuhkan banyak protein, vitamin C, asam folat dan zat besi ( mama sudah dapet semua obat ini dari bidan kemarin, yay ). Dan karena tulang-tulangnya dede mulai menyerap banyak kalsium, pastikan mamanya untuk minum susu 2 hari sekali. Untungnya mama dede suka bgt sama susu..hihihi kalo mommies yang lain ada yang eneg minum susu selama hamil? Don't worry mommies...mommies bisa mencari sumber kalsium lain yang baik dari keju, yoghurt dan jus jeruk. Karena di trimester akhir ini, sekitar 250mg kalsium di simpan untuk bayi mommies untuk memperkuat kerangka tulangnya setiap hari. So..jangan sampe mommiesnya kekurangan kalsium yah :)

Oia dede bayi sekarang very active baby. Mama dede seneng banget waktu bidan bilang, "jantung bayinya bagus bu, bayinya aktif banget ya?"  Nah buat mommies2 yang mau ngecek babynya aktif/ ngga di dalam kandungan, saya dapat tips dari bidan. Coba mommies luangkan waktu untuk menghitung  berapa banyak gerakan/ tendangan baby di dalam kandungan dalam kurun waktu 12 jam sekali. Kalau lebih dari 10 itu tandanya normal, tapi kalau di bawah 10 kali itu patut di curigai dan di konsultasikan ke dokter.
Beberapa mommies juga pasti masih ada yang mengalami sembelit. Itu disebabkan karena lambannya proses pencernaan di saat hamil moms, sehingga berkontribusi untuk menyebabkan sembelit. Jadi hal itu wajar pada ibu hamil, saya juga ngalamin kok. Untuk mengatasinya, mommies harus banyak mengkonsumsi makanan diet tinggi serat, minum banyak air dan rajin bergerak jangan tiduuuur muluk...hihihi

Mamanya dede juga masih beceek alias keputihan yang tiada berujung nih, hiks bete ngga sembuh2 :'(
Udah 3 kali konsul hasilnya nihil. Udah coba resep dokter kandungan namanya flagistatin yang di masukkan ke miss V + Lactacyd feminine hygiene ngga sembuh, terus ke bidan puskemas di kasih salep juga ngga sembuh, terus nyoba pakek tissu sirih sariayu juga ngga sembuh, arghhhHhh udah jengkel deh rasanya pakek panty liners terus tiap hari, mana bukannya sembuh malah nambah buanyaaak beceknya..hiks hiks
So akhirnya mama dede konsul lagi ke bidan, anyway kata bidan kalo udah di obatin dengan segala macam obat tapi tidak menghasilkan kesembuhan, itu berarti karena hormon mama dede yang sedang deras-derasnya di masa kehamilan ini, bidan cuman nyuruh mama dede sabar aja deh kalo udah di obatin ngga sembuh2, nanti setelah melahirkan bakal ilang dengan sendirinya daripada gonta/i obat kimia juga ngga baik karena bisa membunuh pH alami miss V-nya. Sambil dalam hati mama dede bilang : 'waduh harus nunggu sampe lahiran, what? mama dede udah risih banget sama keputihan ini dok..huhuhu'
Tapi tetapi ada salah satu mommies yang bernasib sama dengan mamanya dede, dan Ia menyarankan mamanya dede ini untuk mencoba meminum bee propolis tablet. Konon si mommies ini jadi sembuh keputihannya setelah meminum bee propolis tablet. Saya tanya harganya berapa? Ia jawab harganya 267ribu. Wew cukup muahal juga ya untuk obat beceeek alyas obat keputihan, haha. Oke deh saya pikir-pikir dulu mau beli/ ngga ( takut ngga cocok lagi, berabe udh beli muahal2 :p ).


0 comments:

Post a Comment